Awas Kena Tipu Investasi Bodong, Begini Cara Cek Legalitasnya Via Ojk

Beberapa hal yang harus diperhatikan yakni, memastikan pihak yang memberikan investasi tersebut mempunyai perizinan menurut otoritas yg berwenang sesuai menggunakan kegiatan usaha yang dijalankan. Begini caranya. Foto/Dok

JAKARTA – Satgas Waspada Investasi kerap kali mengimbau pada rakyat agar sebelum melakukan investasi buat memahami beberapa hal agar tidak terjebak pada penipuan, mulai menurut perizinan sampai produk yg ditawarkan. Masyarakat jua diminta buat berhati-hati terhadap penawaran investasi melalui media Telegram lantaran ditemukan adalah penawaran investasi bodong .

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa pada Tasikmalaya Tertipu Investasi Bodong Rp5,7 Miliar

Beberapa hal yg harus diperhatikan yakni, memastikan pihak yg memberikan investasi tersebut memiliki perizinan berdasarkan otoritas yang berwenang sinkron dengan aktivitas bisnis yg dijalankan.

Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi, mempunyai izin pada menawarkan produk investasi atau tercatat menjadi kawan pemasar. Memastikan apabila masih ada pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah pada media penawarannya sudah dilakukan sinkron menggunakan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lalu pertanyaannya bagaimana mencari tahu soal legalitas perusahaan investasi tersebut? Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama menggunakan Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Koperasi & Usaha Kecil & Menengah, Kejaksaan, Kepolisian RI, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sudah usang setuju buat memperkuat kerjasama dalam hal memberantas investasi bodong atau investasi ilegal.

OJK terus menekankan supaya terus cek kelegalan perusahaan investasi sebelum mengikuti usaha investasi yang ditawarkan sang berbagai pihak. Untuk cek legalitas investasi, rakyat bisa cek Surat Izin OJK asli yg telah dikantongi sang perusahaan yg bersangkutan.

Baca Juga: 263 Korban Melapor, Kerugian Sementara Investasi Bodong Sunmod Alkes Mencapai Rp503 Miliar

Surat Izin OJK orisinil sendiri mempunyai karakteristik khusus, yaitu mempunyai QR code yg bisa dipindai & terhubung dengan situs sipena.ojk.go.id. apabila kode tidak bisa dipindai, maka bisa jadi surat tersebut palsu dan perusahaan yang bersangkutan tidak mempunyai izin resmi dari OJK.

Untuk mengecek lebih lanjut, masyarakat mampu memastikan kelegalan perusahaan investasi menggunakan mengontak akses OJK. Yaitu ke Kontak OJK 157 @Kontak157, melalui jalur telepon ke angka 157, WhatsApp ke nomor081 157 157 157 dan melalui email ke alamat [email protected]

Selain akses di atas, rakyat juga sanggup mengakses eksklusif portal resmi OJK pada sikapiuangmu.ojk.go.id. Di page tadi tercantum daftar perusahaan-perusahaan investasi yang tak terdaftar & tidak di bawah pengawasan OJK.

Masyarakat mampu mencocokkan nama perusahaan investasi yang memberikan iming-iming menggunakan nama-nama perusahaan dalam daftar tersebut. Melansir dari OJK, daftar tersebut adalah daftar rujukan bagi rakyat & selalu diperbaiki secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *