Cara-cara Investasi Yang Bijak Supaya Tak ‘buntung’ : Okezone Economy

JAKARTA – Investasi adalah galat satu cara terbaik buat menciptakan kekayaan dan menabung buat tujuan keuangan pada masa depan. Karena tujuan dan preferensi setiap orang berbeda, investasi kemungkinan akbar akan berbeda untuk setiap individu.

Akan namun, menciptakan strategi investasi umumnya bergantung pada prinsip dasar yang sama dan membutuhkan kebiasaan keuangan yg baik. Berikut ulasan bagaimana cara berinvestasi dan menabung menggunakan bijak, dilansir berdasarkan The Balance, Jumat (2/4/2021).

Langkah pertama terpenting menurut setiap planning investasi adalah penetapan tujuan. Banyak orang mulai berinvestasi sebagai cara menabung buat masa purna tugas. Namun investasi juga sanggup buat menabung buat tujuan akbar lainnya seperti pendidikan anak, dana darurat, & lain sebagainya.

Baca Juga: Tips Dasar Mengelola Keuangan yang Harus Diketahui Semua Orang

Lebih baik mana, investasi sendiri vs konsultan keuangan?

Banyak orang memilih buat menyewa konsultan keuangan buat membantu mengelola portofolio investasi mereka. Konsultan ini mengenakan porto atau komisi atas produk yg mereka rekomendasikan. Untuk rute yang lebih ramah aturan, orang bisa mengelola investasinya sendiri, menentukan sendiri pada mana akan investasi uang.

Tetapi ada jua opsi ketiga, yaitu Robo-advisor, atau program konsultasi investasi digital otomatis, adalah layanan keuangan yang menentukan investasi secara otomatis berdasarkan jawaban atas pertanyaan mengenai tujuan investasi, toleransi risiko, jangka waktu, dan poly lagi. Penasihat Robo umumnya mengenakan biayayg lebih rendah daripada konsultan keuangan.

Baca Juga: 5 Cara Ajarkan Keuangan semenjak Dini ke Anak

Saham adalah bagian menurut kepemilikan (ekuitas) pada perusahaan yang diperdagangkan secara publik. Perusahaan menjual saham menjadi cara buat menaikkan modal buat biayaoperasional & modal.

Mereka yg membeli saham di perusahaan dapat membuat uang dengan 2 cara primer: Dividen (keuntungan berdasarkan perusahaan pada pemegang saham secara terencana) & apresiasi modal (waktu nilai saham tumbuh menurut saat ke saat, orang dapat menjualnya lebih dari yg harga beli).

Obligasi merupakan jenis agunan utang yg memungkinkan perusahaan dan pemerintah meminjam uang dari investor menggunakan menjual obligasi kepada mereka. Obligasi umumnya mempunyai tingkat bunga yang sudah dipengaruhi. Saat obligasi mencapai jatuh tempo, penerbit membayar balikjumlah pokok obligasi kepada pemegang obligasi.

Beberapa menurut investasi paling populer di pasar sebenarnya merupakan dana, yg merupakan kombinasi dari poly saham atau obligasi (atau keduanya). Berikut adalah beberapa contoh dana: dana indeks, reksadana, & ETF (exchange-traded funds).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *