Tips Pilih Sampul Buku di Cetak Buku Murah

Sampul dianggap sebagai salah satu komponen yang wajib ada dalam sebuah percetakan buku. Untuk itu, Anda pun harus memilihnya dengan tepat dan tidak boleh sembarangan. Lantas bagaimana tips pilih cover buku di tempat jasa cetak buku murah?

Tips Pilih Sampul Buku Sesuai dengan Bahan

Tentu Anda sudah paham betul mengenai fungsi dari sampul buku itu sendiri. Cover ini terdiri dari berbagai jenis sehingga dapat dipilih sesuai dengan kegunaan dan kebutuhannya masing-masing. Semua jasa cetak buku murah pun menyediakannya secara beragam, berikut tips memilihnya:

  1. Bahan Plastik untuk Menahan Percikan Air dan Noda

Sampul buku yang terbuat dari material plastik memiliki keunggulan utama yakni tidak akan tembus apabila terkena percikan air dan  noda basah lainnya. Dengan begitu, buku Anda tak akan mudah basah. Selain itu juga lebih mudah dibersihkan.

Ada dua jenis sampul dengan bahan plastik yakni plastik bening tipis dan sampul mika tebal. Anda bisa memilih salah satu diantara keduanya berdasarkan selera masing-masing, misalnya tergantung motif corak di bagian depan dan daya tahannya.

  1. Bahan Plastik yang Memiliki Banyak Motif Menarik

Lain halnya jika Anda mengutamakan corak yang ada pada sampul maka bisa memilih cover dengan berbahan kain. Pasalnya material ini memang tersedia banyak motifnya sehingga terlihat lebih menarik dan unik untuk dipasangkan pada sebuah buku.

Anda bisa memilih sampul bergambar batik jika menyukai nuansa etnik. Sementara jika ingin ditujukan kepada sang buah hati maka pilih saja karakter kartun kesukaan mereka. Tentu pemilihan motif ini akan berpengaruh pada tampilan sebuah buku.

  1. Kain untuk Memberikan Kesan Ekslusif

Dibandingkan dengan bahan plastik dan kertas, memilih sampul berbahan dari kain memang cenderung lebih kuat dan tebal. Artinya memiliki keawetan cukup tinggi sehingga Anda bisa menggunakannya dalam waktu lama.

Selain itu. jika buku Anda diberikan sampul berbahan dasar kain akan membuat kesan ekslusif dan professional. Menariknya lagi kini beberapa produsen merancang sampul khusus dengan tambahan slot untuk memberikan ruang penyimpanan bagi pemiliknya.

Itulah tadi tiga bahan yang bisa Anda pilih ketika bingung menentukan sampul buku. Tentu saja hal ini perlu dilakukan sebelum pergi ke jasa cetak buku murah. Pastikan untuk bertanya terlebih dahulu guna menyesuaikan dengan ukurannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *